Selasa, 09 September 2008

yang diatas langit

Tabrakan Galaktika Ungkap Rahasia Materi Gelap
Jumat, 29 Agustus 2008 | 16:11 WIB

WASHINGTON, JUMAT - Teleskop antariksa telah merekam terjadinya tabrakan dahsyat antara dua rumpun galaksi yang dapat menjelaskan tentang material gelap, salah satu zat yang masih misterius di alam semesta. Peristiwa tersebut direkam Teleskop Ruang Angkasa Hubble dan Observatorium Sinar-X Chandra.

Dalam citra yang diambil keduanya memperlihatkan pemisahan yang jelas antara materi gelap dan materi biasa. Para peneliti di badan antariksa AS (NASA) memperkirakan tabrakan tersebut terjadi di suatu tempat yang berjarak 5,7 miliar tahun cahaya dari Bumi itu.

Para astronom mampu membedakan materi hitam dan bukan dengan teknik yang disebut lensa gravitasi. Dalam rekaman, materi gelap tampak berwarna biru, sedangkan materi biasa, yang sebagian besar dalam bentuk gas panas, tampak berwarna merah jambu.

Saat tabrakan terjadi dengan kecepatan jutaan kilometer per jam, gas panas dari setiap rumpun yang bertabrakan berkurang kecepatannya. Namun, tidak demikian halnya dengan materi gelap.

Separasi antara materi biru dan merah jambu memberikan bukti langsung atas eksistensi materi gelap. Partikel-partikelnya saling berinteraksi dengan lemah sekali atau bahkan tidak sama sekali, kecuali pengaruh tarikan gravitasi.

"Itulah satu langkah maju untuk memahami karakteristik materi gelap misterius itu," kata Marusa Bradac, peneliti dari Universitas California di Santa Barbara, yang mempimpin tim peneliti.

Materi gelap diperkirakan mengisi seperlima luas alam semesta. Baik dalam bentul guratan, lembaran, maupun kluster-kluster yang mengumpul.

Tidak ada komentar: